Berita

Berita Thumbnail
Rabu, 15 Juli 2020
Oleh: Admin

Webinar Energi Berkelanjutan dengan Inovasi Teknologi Industri

Tips bagaimana agar masyarakat dapat menghemat energi berlebih ketika semua aktivitas di luar dibatasi dan ketika aktivitas di luar rumah mulai bertahap dilakukan.

Masyarakat modern yang kita jalani sekarang ini memerlukan energi listrik. Energi listrik dalam kehidupan kita menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Dalam masa pandemi ini, hampir semua orang pertumbuhan akan kebutuhan energi listrik semakin meningkat. Namun demikian pasokan energi berbasis fosil harus bisa kita hemat karena cadangannya yang terus menipis dan semakin menipis. Sehingga kita harus pandai menghemat energi. Bagaimana cara menggunakannya, menghematnya, dan hal-hal yang harus kita ketahui mengenai penggunaan energi yang berkelanjutan dengan inovasi teknologi. Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Fakultas Teknologi Industri berkolaborasi Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi menyelenggarakan sebuah webinar dengan tema “Energi Berkelanjutan dengan Inovasi. Kegiatan ini dilaksanakan secara online pada hari Senin, 15 Juni 2020 mulai pukul 13:00 WIB.

 

Hadir dalam acara ini narasumber dari PLS Corporate Planning PT Indonesia Power Fitri Rarna Amalia, Arbima Busro dari Medoo Geothemal Sarulla, Mira Meirawaty Dosen Teknik Geologi, Havid Pramadika Dosen Teknik Perminyakan dan Dianing Novita NP Dosen Teknik Elektro. Hadir sebagai peserta kurang lebih 100 orang dari berbagai latar belakang seperti siswa-siswi SMA/SMK, perwakilan Kementerian ESDM, perwakilan PT Pertamina, dan sebagainya. Tema yang dibahas dalam seminar online ini adalah bagaimana cara mendapatkan enegi dari sumbernya yang kemudian diolah hingga masyarakat dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembicara menyampaikan juga beberapa tips bagaimana agar masyarakat dapat menghemat energi berlebih ketika semua aktivitas di luar dibatasi dan ketika aktivitas di luar rumah mulai bertahap dilakukan.

 

Di samping pembahasan mengenai energi berbasi fosil, diskusi ini juga membahas sedikit mengenai potensi penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) antara lain yang berbasis tenaga surya (energi dari Matahari) dan tenaga bayu (energi dari pergerakan angin).

 

Acara seminar online ini juga disiarkan melalui streaming channel YouTube Humas Universitas Trisakti (https://www.youtube.com/watch?v=zzPJ2W0lhes).

Instagram :https://www.instagram.com/usakti_official/